KATA PENGANTAR




Assalamu A'laikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Ahlan wa Sahlan!



SELAMAT DATANG KAMI UCAPKAN KEPADA ANDA YANG MEMBACA BLOG INI...

Puji Syukur Hanya Untuk Allah SWT Yang Maha Pengasih Tidak Pernah Pilih Kasih Dan Maha Penyayang Kepada Semua Makhluknya Yang Ingin Mendapatkan Rasa Sayang Yang Haqiki Darinya. Sholawat dan Salam Semoga Tercurah Kepada Junjungan Kita Nabi Besar Muhammad SAW, Beserta Keluarganya Tercinta Dan Kepada Semua Sohabatnya Juga Kepada Umatnya, Yang Setia Hingga Akhir Zaman.

Al-Hamdulillah Kami Dari
SANGGAR KESENIAN BETAWI "SEKILAP"
Mencoba Menghadirkan Sebuah Blog Yang Barangkali Dapat Sedikit Menambah Corak dan Warna Baru Untuk Anda, Mengenai Tradisi Masyarakat Betawi Khususnya. Semoga Blog Yang Sederhana Ini Dapat Menambah Informasi Yang Anda Cari...

Kami Sadar Bahwa Dalam Blog Ini Masih Jauh Dari Sempurna Dan Terdapat Banyak Kekurangan, Kami Mohon Maaf Dan Kamipun Sangat Mengharapkan KRITIK DAN SARAN Yang Membangun Agar Blog Ini Jauh Lebih Sempurna Dari Yang Saudara Lihat Sekarang. SILAHKAN KIRIMKAN KRITIK DAN SARAN ANDA KE ALAMAT E-MAIL KAMI : skb_sekilap@yahoo.com

NAMA PERKUMPULAN KAMI

Foto saya
SKB" SEKILAP " adalah kepanjangan dari Sanggar Kesenian Betawi sekilap. Dan Sekilap adalah nama yang telah diberikan oleh Guru besar Kami al-marhum Haji Sa'abun yang merupakan tokoh masyarakat dan guru pencak silat. Nama sekilap tersebut hingga kini digunakan untuk memperkenalkan ciri khas dari organisasi atau perkumpulan kami. semoga kebudayaan betawi tetep berkembang hingga akhir Zaman.

MAU PAKAI ACARA PALANG PINTU ?

BAGI ANDA YANG MENGINGINKAN PERKAWINAN ATAU PERNIKAHAN DENGAN MENGGUNAKAN ADAT BETAWIE SEPERTI ACARA PALANG PINTU....
KAMI SIAP MEMBANTU...KIRIM KE E-MAIL KAMI DI skb_sekilap@yahoo.com ATAU HUBUNGI KAMI DI :
085781141486 atau 021-94275933 ( MAJID )



Jumat, 18 Juni 2010

NGERUDAT

NGERUDAT adalah Acara pemberangkatan rombongan Calon Tuan Mantu ( penganten pria ) menuju Calon None Mantu ( pengantin wanita ) yang menjadi tempat pelaksanaaan upacara akad nikah ( ijab kabul) dan biasanya pelaksanaan akad nikah tersebut kebanyakan diadakan dikediaman calon pengantin wanita. Pada kesempatan ini Calon Tuan Mantu (pengantin pria ) mengenakan busana yang disebut Jas Kain Serebe . Acara ini diikuti oleh seluruh keluarga Calon Tuan Mantu ( pengantin pria ), tokoh masyarakat, alim ulama, dan undangan ( besan ) Acara ini dimulai di rumah kediaman Calon Tuan Mantu ( pengantin pria ) dengan acara:

(1) Pembukaan berupa pembacaan Ummul Qur'an surat Al-Fatihah

(2) Calon Tuan Mantu ( pengantin pria ) sembe /sembah dan cium tangan kepada kedua orang tuanya dengan maksud memintai restu dan ridhonya.

(3) Pembacaan do'a pelepasan

(4) Pembacaan Shalawat Duutsur

(5) Berangkat diarak dengan rebana ketimpring

Dan pada saat yang bersamaan dipasang petasan sebagai pertanda kepada warga sekitar bahwa rombongan akan berangkat menuju Calon None Mantu ( pengantin wanita ). Selain mengiring para kerabat juga membawa mahar yang telah dibicarakan pada acara tunangan (bawe tande putus) antara lain: sirih nenas lamaran, mahar, miniatur masjid, sepasang roti buaya, kekudang, kue penganten, pesalin, kue khas Betawi, buah segar, sie, idam-idaman.

Tidak ada komentar: